Jemaah Haul Guru Sekumpul Ke 14 Mulai Berdatangan Ke Martapura

Haul Guru Sekumpul Ke 14

Haul guru sekumpul atau KH. Muhammad Zaini bin Abdul Ghani menjadi sebuah acara yang begitu antusias di ikuti oleh kalangan umat Islam, khususnya Kalimantan dan Indonesia. Pada haul yang ke 13 tahun kemarin 2018, haul ini diperkiraan jutaan orang yang menghadirinya. Bisa dikatakan ini menjadi sebuah acara haul terbesar.

Sementara untuk acara haul tahun 2019 dilaksanakan pada tanggal 09-Maret-2019 hingga beberapa setelahnya. Kepadatan umat muslim yang akan menghadiri acara tersebut sudah mulai terlihat. Beberapa persiapan bahkan sudah mulai nampak bisa kita lihat, bukan hanya dari kalangan panitia dan relawan, namun juga dari sejumlah kalangan masyarakat.

Tempat Penginapan Gratis hingga Rumah Makan Gratis.

Hal menarik seperti tahun-tahun kemarin sepertinya sudah menjadi sebuah kebudayaan, dimana masyarakat kota martapura ramai membuka atau menyediakan penginapan-penginapan gratis di sekitar haul dan kota Martapura.

Bukan hanya penginapan gratis yang disediakan masyarakat, bahkan makan gratis dan tempat istirah gratis juga sudah mulai dibuka di beberapa wilayah yang dilalui oleh jemaah haul dari berbagai wilayah. Ini seperti tahun-tahun kemarin, sejumlah masyarakat dan lembaga dengan sukarela membuka rest area yang menyediakan makan dan minum gratis untuk jemaah haul.

Rombongan Jemaah Menggunakan Berbagai Alat Transportasi.

Ada yang menggunakan motor, mobil, kapal kecil, bahkan ada yang rela berjalan kaki puluhan kilometer antar Provinsi. Antusias jemaah haul semakin tahun justru bukannya malah suruh, malah dari tahun ke tahun semakin membludak saja.

Berbagai alat Transportasi dikerahkan oleh masyarakat, dari yang menggunakan mobil hingga kelutuk atau kapal kecil.

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger yang perduli dengan nilai-nilai sosial sebuah kehidupan masyarakat. Konsisten dalam menulis, dan siap belajar dari siapa pun. | www.elkiram.my.id