Interaksi Dengan Budaya Lain Mendorong Perubahan Sosial

Interaksi Dengan Budaya Lain

Interaksi Dengan Budaya Lain Mendorong Perubahan Sosial.- Saya percaya bahwa salah satu yang mendorong adanya perubahan sosial bagi seseorang atau kelompok masyarakat tertentu adalah adanya interaksi dengan orang lain atau kelompok lainnya. Karena sipat alamiyahnya manusia adalah mereka memiliki kemampuan belajar secara mandiri (otodidak) kemudian memutuskan sikap akan harus bagaimana?

Terjadinya sebuah hubungan seseorang dengan orang lain akan memberikan nya sebuah materi pembelajaran, yang kemudian akan menjadi bahan pertimbangan nya apakah harus bagaimana? Dan itu adalah awal dari sebuah perubahan. Walau kemudian yang menentukan adanya perubahan adalah dirinya sendiri.

Baca : Pendorong Perubahan Sosial.

Perubahan Sosial Masyarakat Ke Arah Yang Lebih Baik

Salah satu faktor yang mendorong perubahan sosial sebuah masyarakat adalah adanya interaksi dengan peradaban dan kebudayaan orang lain. Biasanya semakin banyak interaksi terjadi sebuah kehidupan sosial masyarakat akan semakin beradaptasi untuk melakukan penyesuaian.

Hanya saja ada yang mungkin harus kita perhatikan, yaitu tentang bagaimana perubahan tersebut mengarah ke arah yang lebih baik, bukan sebaliknya. Karena bagaimana juga terkadang sebuah perubahan bisa bernilai kebaikan, namun juga bisa bernilai kebalikan.

Interaksi budaya harusnya menjadi sebuah ajang kolaborasi untuk melahirkan sebuah kebudayaan, kehidupan sosial, cara hidup, pandangan masyarakat kita lebih berkembang dan lebih baik. Ini menjadi tujuan, jika tidak maka apa gunanya adanya sebuah perubahan. Makanya tidak ada pilihan lain, melainkan dengan lebih baik.

Mengharukan, Jutaan Umat Muslim Penuhi Monas Di Ac... Reuni Akbar 212.- Apa sih yang tidak jika Allah sudah menghendakinya. Mungkin begitulah yang bisa saya lihat saat melihat dan menyaksikan betapa tumpa...
Demam Politik, Janji Anggota Legislatif Ais elkirami.- Perhelatan akbar pemilu nasional kayaknya tahun depan beberapa bulan lagi ya! tapi gaungnya semakin lama semakin memanas saja. Semakin ...
Reuni Akbar 212, Upaya Merajut Persatuan Reuni Akbar 212.- Gaung kemeriahan nya sudah terdengar beberapa hari sebelum hari H pelaksanaan nya. Headline sejumlah media online menghiasi dengan s...

Diterbitkan oleh Oksae Media

Oksae adalah laman blog bebas dimana kami mengomentari apa saja, dari soal budaya, teknologi, hiburan, dll. Bagi kami sebuah laman blog lebih sekedar konten tulisan, tapi tempat kami berkarya.