Manfaat Tanaman Daun Kelor untuk Kesehatan

Khasiat Daun Kelor

Alam memang memiliki banyak sekali rahasia, dan ini menunjukan bahwa kekuasaan tuhan teramatlah besar. Bahkan mungkin masih banyak rahasia alam yang sebenarnya tidak kita ketahui. Rahasia tersebut akan terungkap oleh sejumlah orang dimasa depan nanti.

Bayangkan saja, bahkan untuk sejumlah manfaat tanaman yang ada di sekitar kita saja, kita masih banyak yang belum tahu. Padahal sebagian tanaman tersebut tuhan ciptakan penuh dengan manfaat untuk kesehatan anak manusia. Hanya saja kebanyakan kita acuhkan begitu saja. Ada banyak tanaman bermanfaat yang mungkin tumbuh di sekitar kita, semisal: Tanaman Meniran, Tanaman Beluntas, Tanaman Kelor. dll.

Daul Kelor misalnya yang mungkin dikenal oleh masyarakat kita terkait tentang dunia mistis, daun Kelor untuk mengusir hantu dan setan. Tapi tahukan sudah, nyatanya daun Kelor mampu mengusir berbagai penyakit, dari penyakit berat hingga penyakit ringan loh.

Organisasi WHO yang menobatkan pohon kelor sebagai miracle tree, setelah menemukan manfaat penting daun kelor. Id.wikipedia.org Lebih dari 1.300 studi, artikel dan laporan telah menjelaskan tentang manfaat kelor dan kemampuan dalam penyembuhan penyakit, yang penting dalam menghadapi permasalahan wabah penyakit dan masalah kekurangan gizi.

Baca juga: Manfaat Daun Beluntas untuk Kesehatan

Berikut adalah manfaat dan khasiat daun Kelor untuk kesehatan manusia:

1. Mengobati Kanker.

Percaya atau tidak, sebuah laman internasional dalam jurnal Oncology Letters pernah mempublikasikan sebuah hasil penelitian tentang daun Kelor ini. Salah satu manfaatnya adalah mampu mengobati kanker, seperti: kanker payu dara, kanker paru, hingga kanker kulit. Hal tersebut dikarenakan daun kelor kaya akan antioksidan, protein, karotenoid, potassium, dan senyawa lainnya yang bisa menangkal radikal bebas serta pertumbuhan sel kanker.

Baca juga: Manfaat Madu untuk Wajah dan Kecantikan

2. Antioksidan.

Antioksidan adalah senyawa yang berfungsi melawan radikal bebas dalam tubuh Anda. Dia akan menjadi pertahanan alami pada tubuh manusia, semakin kuat daya tahan tubuh manusia maka akan semakin jauh dia dari berbagai virus, bakteri, dan juga berbagai radikal bebas. Tingginya tingkat radikal bebas dapat menyebabkan stres oksidatif, yang berhubungan dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Beberapa senyawa tumbuhan antioksidan telah ditemukan di daun daun kelor. Selain vitamin C dan beta-karoten, ini termasuk:

Quercetin: Antioksidan kuat ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.
Asam klorogenik: Juga ditemukan dalam jumlah tinggi dalam kopi, asam klorogenat dapat membantu tingkat gula darah moderat setelah makan.

Satu studi pada wanita menemukan bahwa menggunakan 1,5 sendok teh (7 gram) bubuk daun kelor setiap hari selama tiga bulan secara signifikan meningkatkan kadar antioksidan darah.

Ekstrak daun kelor juga bisa digunakan sebagai pengawet makanan. Ini meningkatkan umur simpan daging dengan mengurangi oksidasi.

3. Mengobati Diabetes.

Daun Kelor berkhasiat menurunkan kadar gula yang ada pada tubuh kita, karena itulah ini akan sangat bermanfaat bagi orang yang terkena Diabetes dan melakukan program pengobatan penyakit ini.

Daun Kelor bisa kita jadikan sebagai insulin alami untuk menangani penyakit Diabetes dan mereka yang memiliki kadar gula berlebih dalam darah mereka.

4. Menyehatkan Mata Kita.

Daun kelor juga mengandung banyak sekali Vitamin A, sehingga ini baik buat mata. Menyehatkan dan menjernihkan mata kita, karena Vitamin A yang ada pada daun Kelor tersebut. Cara menggunakan nya cukup mudah, yakni bisa dengan mengkonsumsi langsung ada menggunakan air rebusan daun Kelor ini untuk membasuh mata kita.

Daun Kelor memang sangatlah populer di sejumlah manca negara. Siapa sangka tanaman sayuran asil Indonesia memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat buat kesehatan. Hingga badan kesehatan dunia Organisasi WHO pun menganjurkan anak-anak mengkonsumsi daun tersebut karena kandungan gizi nya.

Tentunya masih banyak lagi berbagai manfaat dan khasiat daun Kelor ini, pada kesempatan ini kami hanya ingin menunjukan kepada kita semua, inilah bagian rahasia alam yang tuhan berikan kepada kita. Ternyata apa yang ada di sekitar kita sangatlah besar manfaat-manfaatnya.

Baca juga: Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Sudah saatnya kita membuka mata, dan menjaga alami, tanaman, dll yang ada di sekitar kita. Khususnya tanaman yang memang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita. Sehat itu bisa kita mulai dari bagaimana kita melihat alam sekitar kita dan memanfaatkan nya dengan bijak.

Cara Mengatasi Bibir Kering dengan Ampuh Cara Mengatasi Bibir Kering.- Akan terlihat lebih indah jika misalkan bibir yang kita miliki itu sehat, dan lembab. Bukan hanya membuat kita nyaman, t...
Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan Meniran atau Phyllanthus urinaria adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk batang bulat, basah dan tinggi kurang dari 50 cm. Daun dari tan...
Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil di Trimester Per... Manfaat Buah Naga Untuk Ibu Hamil.- Jika anda sedang mempertanyakan apakah buah naga itu bermanfaat buat ibu hamil, sebenarnya anda tidak perlu lagi m...

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger yang perduli dengan nilai-nilai sosial sebuah kehidupan masyarakat. Konsisten dalam menulis, dan siap belajar dari siapa pun. | www.elkiram.com