Gejala Penyakit Tipes dan Penyebabnya

Gejala Penyakit Tipes

Pernah mendengar penyakit tipes, atau mungkin saat melakukan pemeriksaan di sebuah rumah kemudian dokter mengatakan bahwa sepertinya anda sedang terkena gejala tipes. Jika belum!!! mari kita sama-sama belajar, saling berbagi dan mengingatkan untuk pentingnya menjaga kesehatan kita.

Tipes dan gejala tipes pada dasarnya sama saja, yakni dikarenakan bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini kemungkinan besar termakan oleh anda di minuman atau makanan yang terkontaminasi dengan bakter tersebut. Bakteri Salmonella typhi ini bisa masuk ke dalam tubuh kita setelah kita minum atau makan yang memang sudah terkontaminasi oleh orang yang mengidap tipes tersebut.

Kemungkinan bisa di minuman atau menempel pada makanan yang kita makan. Karena itulah penting sekali untuk menjaga kesehatan kita, dan kesehatan lingkungan kita. Ada banyak kemungkinan sih bagaimana hingga bakter S.typhi tersebut bisa sampai masuk ke dalam tubuh kita. Apalagi jika misalkan daya tahan tubuh kita memang sedang menurun. Bakteri tersebut juga bisa berada di air urine, sehingga jika kita lupa cuci tangan setelah menggunakan teolit langsung makan bisa saja bakteri S.Typhi tersebut juga ikut termakan.

Perbedaan Tipes dan Tifus.

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa tipes dan tifus itu sama saja, padahal sebenarnya ini berbeda. Tipes itu disebabkan oleh bakteri S.typhi sebagaimana yang sudah kita sebutkan, sementara tifus itu disebabkan oleh bakteri Rickettsia typhi atau R.prowazekii. Bakteri Rickettsia typhi ini dibawa oleh binatang-binatang kecil seperti kutu, tikus, dll yang kemudian menginfeksi manusia.

Gejala Penyakit Tipes untuk Kita Ketahui.

Ada baiknya kita mengetahui apa saja tanda-tanda atau gejala penyakit tipes. Diantara gejala penyakit tipes itu bisa kita lihat dan rasakan sebagai berikut:

  • Demam yang tinggi hingga 40°C.
  • Ruam pada kulit atau nampak bintik-bintik pada kulit.
  • Sakit kepala.
  • Sakit dan nyeri pada otot.
  • Tidak nafsu makan.
  • Diare.
  • Muntah.
  • Lemas.
  • Sakit perut dan sembelit.

Itu adalah tanda-tanda gejala yang bisa kita lihat dan mungkin bisa kita rasakan. Sementara untuk memastikan apakah kita memang terkena tipes atau tidak bisa dibuktikan dengan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan pada sampel darah, urine, feses, atau mungkin sampel sumsum tulang anda.

Dokter tidak akan mudah memvonis seseorang terkena tipes atau tidak sebelum melakukan tes dan menemukan adanya bakteri S.typhi pada aliran darah. Itulah kenapa kita akan lebih sering mendengar gejala tipes dibandingkan tipes. Karena jika dilihat pasien memang menderita gejala-gejala tipes, namun untuk memastikan nya maka dokter harus melakukan pemeriksaan terlebih.

Jika sudah ditemukan adanya bakteri S.typhi tersebut barulah pasien akan dinyatakan mengidap penyakit tipes.

Ciri-ciri Tipes Pada Anak.

Pada dasarnya tidak berbeda antara gejela tipes pada orang dewasa dan pada anak. Sebagai sudah kita sebutkan di atas: Demam yang tinggi, sakit kepala, pusing, bintik-bintik pada kulit, mual dan muntah, sembelit dan diare.

Jika anak anda mengalami gejala tipes, maka ada baiknya segera bawa ke dokter untuk diperiksakan secepatnya. Tipes yang ditangani dengan terlambat bisa menyebabkan komplikasi. Menurunnya berat badan, diare yang parah biasanya menjadi efek dari komplikasi yang ditimbulkan oleh tipes ini.

Pengobatan dan Mencegah Penyakitnya Tipes.

Apakah tipes bisa di obati, mungkin sebenarnya tepatnya bakteri penyebab tipes tersebut bisa dimatikan. Mungkin anda akan diberikan obat antibiotik untuk membunuh bakteri S.typhi. Tentu ini bukanlah hal mudah, karena itu akan lebih baik jika kita mencegahnya dengan melakukan pola hidup yang sehat.

Jangan lupa cuci tangan sebelum makan, tidak makan dan minum sembarang, hindari makan buah dan sayur mentah di pinggir jalan, pastikan anda mencuci buah-buahan atau sayuran mentah sebelum anda makan karena bisa jadi itu sudah terkontaminasi oleh orang lain, dll. Jika anda lupa membawa bekal air putih dari rumah, mungkin bisa membeli air putih kemasan karena bisa lebih higienis.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Darah Kental Darah kental atau yang dalam istilah bahasa medis nya adalah: hiperkoagulabilitas. Kalau misalkan kita sedang terluka, kemudian ada darah yang mengent...
Cara Merawat Kecantikan Sebelum Tidur Cara Merawat Kecantikan Sebelum Tidur | Sungguh ada banyak cara merawat kecantikan bagi kaum hawa. Yang harus dilakukan adalah dengan selalu melakukan...
Tanda Bahwa Kehamilan Anda Sedang Bermasalah Mengandung, melahirkan, dan memiliki keturunan menjadi dambaan kalangan wanita di dunia dan para orang tua. Sebuah keluarga belum akan lengkap sebelum...

Diterbitkan oleh Mak Ijah

Mak Ijah adalah seorang blogger kekinian. Menjadi satu-satunya admin wanita di laman Oksae.com. Aktif menulis berbagai tips kesehatan, dan gaya hidup. Seorang bunda dari sejumlah anak-anak. | www.ijah.my.id