Cara Ampuh Atasi Tangan Terkena Minyak Panas Saat Memasak

Cara Ampuh Atasi Tangan Terkena Minyak Panas

Memasak adalah aktivitas keseharian para ibu-ibu jika sedang berada di rumah. Dari memasak nasi, membuat bumbu dapur, menggoreng ikan, hingga membuat berbagai macam kue kesukaan keluarga.

Dalam menjalankan aktivitasnya terkadang para ibu melakukan banyak pekerjaan yang bisa saja membahayakan jika dilakukan kurang hati-hati, misalkan tangan terkena sayatan pisau saat membuat bumbu masakan, hingga terkena minyak panas saat sedang menggoreng ikan, kue, dll.

Jika anda terkena minyak goreng panas yang bisa menyebabkan tangan melepuh, maka ada baiknya sesegera mungkin melakukan perawatan agar luka melepuh tidak menjadi infeksi luka yang serius. Luka karena melepuh terbakar benda panas biasanya akan terasa sangat perih. Berikut beberapa yang bisa dilakukan jika terkena minyak panas saat melakukan aktivitas dapur:

Mentimun atau Lidah Buaya Agar Meredakan Gejala Perih Karena Terbakar.

Jeli yang terdapat pada lidah buaya akan membuat luka bakar yang terasa sangat perih dan panas akan sedikit berkurang. Anda bisa menggunakan nya saat anda terkena cipratan minyak panas, sehingga rasa perih dan panasnya akan terasa lebih ringan.

Begitu juga dengan mentimun. Vitamin C dan K nya mampu meredakan iritasi dan pembengkakan pada luka bakar. Vitamin yang ada dalam kandungan nya mampu meredakan peradangan pada luka bakar. Apalagi di dalam buah mentimun juga mengandung pantotenat yang mampu menjaga kelembaban kulit anda.

Cuka atau Madu.

Anda juga meredakan perih luka bakar dengan menguliskan salah satu, madu atau cuka. Keduanya memiliki kemampuan untuk meredakan rasa perih akibat peradangan yang terjadi akibat luka bakar.

Anda bisa melakukan ini jika misalkan bagian kulit anda tidak terluka, hanya terjaji radang yang mungkin nampak memerah saat terkena minyak panas atau benda dan cairan panas lainnya.

Jeli Obat Luka Bakar.

Anda juga bisa menggunakan jeli atau obat luka bakar yang di jual di sejumlah toko obat dan apotek. Semisal: Burnazin, cream luka yang mungkin sudah banyak digunakan oleh kebanyakan jika terkena luka bakar. Burnazin cream mengandung silver sulfadiazine yang merupakan topical antibioticgolongan sulfonamide .

Anda bisa menggunakan nya jika terjadi luka bakar hingga sembuh, dengan cara mengoleskan nya 2 kali dalam sehari. Caranya bersihkan area luka dari berbagai macam kotoran, kemudian oleskan saja cream tersebut hingga luka benar-benar sembuh.

Jenis Air Minum yang Disarankan untuk Dikonsumsi Oksae.com | Siapapun di dunia ini pasti ingin memiliki tubuh yang sehat dan terbebas dari berbagai keluhan atau masalah kesehatan. Namun seiring denga...
Gejala Penyakit Tipes dan Penyebabnya Pernah mendengar penyakit tipes, atau mungkin saat melakukan pemeriksaan di sebuah rumah kemudian dokter mengatakan bahwa sepertinya anda sedang terk...

Diterbitkan oleh Mak Ijah

Mak Ijah adalah seorang blogger kekinian. Menjadi satu-satunya admin wanita di laman Oksae.com. Aktif menulis berbagai tips kesehatan, dan gaya hidup. Seorang bunda dari sejumlah anak-anak. | www.ijah.my.id