Pengertian Influencer Marketing Dan Cara Kerja

Pengertian Influencer Marketing

Pengertian Influencer Marketing adalah sebuah upaya memasarkan sebuah produk atau mempromosikan sebuah brand kepada public dengan cara bekerja sama dengan sejumlah orang yang memiliki follower besar. Influencer bukanlah orang biasa, melainkan mereka yang memiliki fans atau follower tersendiri, biasanya mereka memiliki pengaruh yang kuat buat fans atau follower mereka.

Influencer Marketing dewasa ini di anggap memiliki kelebihan tersendiri selain pemasaran secara umum. Target mereka jelas sesuai dengan influencer nya. Misalkan artis, tokoh, atau orang yang mempunyai keunikan tersendiri. Biasanya pemilik brand atau produk akan melihat fashion influencer yang akan di ajak bekerja sama. Sebuah brand akan melakukan kerja sama mempromosikan produk atau branding mereka setelah melihat dan menghitung kemungkinan pengaruhnya kepada followernya.

Cara Kerja Influencer Marketing.

Sebenarnya ini cara lama, sebagaimana kita temukan ada artis, atlet, atau orang terkenal yang mempromosikan sebuah produk kepada fans mereka. Biasanya sebuah produk akan cepat terkenal karena digunakan oleh yang bersangkutan, khususnya dikalangan follower atau fans mereka.

Namun sekarang konsep ini semakin melebar luas hingga menyentuh orang awam sekalipun. Orang awam bisa saja menjadi influencer jika mereka memiliki audience atau pasar sendiri. Misalkan seorang desainer atau creator content yang biasanya memiliki follower cukup banyak. Dengan cara kerja cukup sederhana ini namun efektif, biasanya dilakukan oleh branding yang baru dibangun atau produk yang baru saja diluncurkan kepada public.

Dalam skala besar biasanya sebuah brand akan melakukan kontrak kerja sama dengan menjadikan si influencer sebagai salah satu icon produk atau brand tersebut. Namun influencer dalam skala kecil biasanya tidak terikat kontrak kerja sama. Mereka seperti sales lepas yang mendapatkan bayaran jika berhasil menjual sebuah produk, sementara influencer skala kecil hanyalah influencer lepas yang dibayar untuk sebuah promosi yang dilakukan nya.

Keuntungan Influencer Marketing Dan Kerja Sama Dengan Mereka.

Pengertian Influencer Marketing

Jika kita memahami pengertian influencer marketing yang sudah kita sebutkan, maka akan bisa kita Tarik sebuah kesimpulan apa saja keuntungan nya.

Influencer marketing memiliki kebebasan mempromosikan atau tidak sebuah produk atau brand. Dia tidak terkait langsung dan tidak bertanggung jawab atas sebuah brand. Dia mendapatkan bayaran atas kesepakatan kerja sama yang dilakukan nya dalam mempromosikan sebuah produk.

Pemilik brand atau produk tidak harus membayar terlalu mahal untuk hasil dampak yang sama pada iklan lama. Sementara hasil dan dampak bisa mereka perhitungkan. Walau ada kemungkinan salah dalam memperhitungkan dampaknya. Namun dengan biaya yang minim, risiko kegagalan sebanding. Bahkan sebenarnya kemungkinan sukses dengan projeck promosi yang diadakan lebih besar dari potensi gagal target.

Perbedaan Influencer, Buzzer dan Ambassador Brand { "@context":"https://schema.org", "@type":"ItemList", "itemListElement": } Perbedaan Influencer, Buzzer dan Ambassador | Para pelaku int...
Tips Sukses Menjadi Influencer Marketing Influencer Marketing mungkin terdengar baru ya? jika sebelumnya kita sering membaca internet marketing atau marketing online, sekarang muncul lagi nih...
Menjadikan Sosiago Sebagai Alternatif Mempopulerka... Menjadikan Sosiago Sebagai Alternatif Mempopulerkan Brand Usaha.- Perkembangan jaringan internet dan masuknya bisnis dan usaha dalam dunia maya pada a...

Diterbitkan oleh Ais elkirami

Ais elkirami adalah seorang blogger yang perduli dengan nilai-nilai sosial sebuah kehidupan masyarakat. Konsisten dalam menulis, dan siap belajar dari siapa pun. | www.elkiram.my.id