Perbedaan Influencer, Buzzer, dan Ambassador Brand

Perbedaan Influencer, Buzzer dan Ambassador Brand
Perbedaan Influencer, Buzzer dan Ambassador | Para pelaku internet marketing memang belakangan terus di tuntut untuk melakukan sejumlah pembaharuan agar tetap bisa menyesuaikan dengan tuntutan pasar yang semakin bergerak maju. Beberapa instrumen pemasaran online juga terus melakukan perubahan yang sangat jauh dibadningkan beberapa tahun silam.

Mesin pencarian konten misalkan atau Search engine yang di kuasai oleh Google, Yahoo, dll juga terus melakukan update algoritma mereka. Ini juga memaksa peraktisi SEO yang biasa mengandalkan optimasi konten site melakukan perubahan.

Strategi pemasaran online bergerak dengan seiring perkembangan arah user pengguna internet itu sendiri. Media sosial yang dulunya hanyalah layanan sosial mulai di lirik oleh sejumlah pelaku pemasaran online. Bisa kita lihat di awal-awal pergerakan mereka dengan bertebaran nya berbagai iklan di layanan media sosial.

Dan sekarang masih saja terus melakukan pergerakan yang cukup dinamis, apalagi jika kita melihat pengguna media sosial yang juga mulai jenuh dengan tampilan iklan-iklan yang berseleweran, ada kecenderungan ketidak percayaan user terhadap iklan-iklan juga mulai merubah strategi pemasaran online.

Influencer Marketing.

Influencer marketing belakangan di sebut-sebut salah satu strategi pemasaran online yang efektif karena strategi ini di anggap mampu menyentuh langsung akar rumput target pasar yakni para konsumen. Dengan mengganding sejumlah influencer kenamaan, diharapkan strategi tersebut dapat mengenalkan sejumlah produk atau branding tertentu kepada orang banyak, dan memungkinkan minat mereka.

Kita tahu seorang influencer adalah sosok yang memiliki banyak follower setia, mereka memiliki audience sendiri. Sehingga besar kemungkinan jika mereka (netizen, follower) juga akan mengikuti jejak sosok yang mereka ikuti tersebut.

Sebenarnya ada 3 hal serupa namun tidak sama, karena biasanya memiliki karakter dan prinsip kerja sama yang berbeda selain influencer marketing. Yakni: Influencer, Buzzer, dan Ambassador.

Influencer.

Influencer adalah orang yang memiliki follower mereka sendiri. Biasanya dia memiliki pengaruh yang kuat di mata followernya. Influencer bisa dari kalangan mana saja, misalkan artis, tokoh, atlet, seleberiti abal-abal, dll.

Seorang influencer ini seperti sosok yang mampu mempengaruhi sudut pandang, opini, dan tanggapan orang lain tentang sesuatu, seperti: produk, pemikiran tentang sebuah benda dan pengetahuan umpamanya. Karena itu seorang influencer biasanya adalah sosok yang kuat karakternya dalam bidang yang dilakuninya, semisal: keartisan nya, ketokohan nya, dll.

Seorang influencer memang sosok pemengaruh, sehingga orang yang mengikutinya kadang tidak menyadari bahwa dia sedang mengikuti tokoh idolanya tersebut.

Buzzer.

Buzzer ini bisa juga kita sebut pendengung, karena seorang buzzer biasanya bertugas mendengung-mendengungkan sesuatu secara masif sehingga apa yang disampaikan nya benar-benar sampaikan kepada orang lain.

Jika seseorang buzzer bertugas mendengungkan sebuah produk, maka artinya dia bertugas menyampai informasi tentang sebuah produk tersebut hingga benar-benar informasi tersebut sampai kepada orang lain. Seorang buzzer memang harus bawel,karena tugasnya memang mendengungkan sesuatu khususnya biasanya di media sosial.

Ambassador Brand.

Ambassador Brand adalah duta sebuah produk, biasanya dia di kontrak dalam jangka waktu tertentu sebagai icon sebuah produk. Sebagai orang yang di kontrak untuk menjadi icon sebuah produk atau duta sebuah produk tentu dia akan terikat akan kewajiban kontrak dan tugasnya mempromosikan produk tersebut.

Sekarang sudah tahukan perbedaan ketiganya, jadi jangan ketukar ya. Kira-kira kalian mau yang mana? influencer kah? buzzer kah? atau malah duta sebuah branding tertentu. Dalam dunia marketing ke 3 memiliki tugas yang sama mempromosikan sebuah produk/branding tertentu, namun dalam porsi yang berbeda.

Jika kalian berminat menjadi salah satu dari 3 pekerjaan tersebut, ada baiknya mulai melangkah. Dunia marketing online sangatlah dinamis dan bergerak cepat, jangan sampai posisi anda di dahului oleh orang lain. Kalian bisa baca artikel SOSIAGO Influencer Marketing online untuk melakukan langkah pertama. Terima kasih sudah menyimal update artikel-artikel kami.

Syarat Coba SOSIAGO, Influencer Marketing Kekinian Oksae.com | Mungkin ini sudah di bahas oleh orang, tapi entahlah saya juga kurang tahu. Yang pasti belakangan ini Sosiago mulai banyak dibicarakan ole...
Menjadikan Sosiago Sebagai Alternatif Mempopulerka... Menjadikan Sosiago Sebagai Alternatif Mempopulerkan Brand Usaha.- Perkembangan jaringan internet dan masuknya bisnis dan usaha dalam dunia maya pada a...
Tips Sukses Menjadi Influencer Marketing Influencer Marketing mungkin terdengar baru ya? jika sebelumnya kita sering membaca internet marketing atau marketing online, sekarang muncul lagi nih...

Diterbitkan oleh Udin Somplak

Udin adalah seorang blogger yang menyukai dan pemerhati seputar tekno, gadget, komputer, laptop, dan beberapa hal terkait tentang itu. Walau belum pakar, tapi memiliki semangat yang kuat dalam menulis. | www.udin.web.id