Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Manfaat Daun Meniran

Meniran atau Phyllanthus urinaria adalah salah satu jenis tanaman yang memiliki bentuk batang bulat, basah dan tinggi kurang dari 50 cm. Daun dari tanaman meniran bertulang menyirip genap, setiap satu tangkai memiliki daun majemuk dengan ukuran yang kecil dan berbentuk lonjong.

Meniran, Tanaman Liar yang Ternyata Kaya Manfaat.

Tahukah kamu jika tumbuhan ini sangat kaya akan berbagai manfaat. Dari berbagai sumber sengaja kami mengumpulkan sejumlah informasi tentang apa saja manfaat dari tumbuhan ini. Walau mungkin dan terkadang tanaman ini tumbuh liar di perkebunan, namun manfaatnya justru sangatlah tidak terduga loh!.

Tanaman ini memiliki zat imunomodulator dan flavonoida. Zat imunomodulator berfungsi merangsang sistem imun dan membantu mempercepat proses penyembuhan. Sementara flavonoid yang juga terkandung dalam buah stroberi, alpukat, dan jeruk berfungsi sebagai antioksidan, antialergi, dan menambah daya tahan tubuh.

“Meniran memiliki kandungan yang berefek anti virus dan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena dapat membantu meningkatkan daya tahan harusnya saat batuk dapat juga membantu mempercepat pemulihan.”

Kandungan daun meniran bisa ditemui pada berbagai ramuan herbal seperti: Stimuno untuk Balita, dll sehingga bisa meningkatkan daya tahan tubuh saat tubuh sedang tidak fit serta mempercepat pemulihan. Selain meniran, terkandung pula manfaat tanaman ivy yang dapat membuat batuk lebih cepat diatasi.

Manfaat Khasiat Daun Meniran untuk Pengobatan dan Kesehatan.

Bisa dipastikan bahwa mayoritas masyarakat kita, terutama yang hidupnya di desa-desa, sudah mengetahui seperti apa wujud dari tanaman Meniran. Meniran memang jenis tanaman semak yang mudah ditemukan di sekitar pekarangan rumah, di tepi kampung atau di dalam hutan bersemak. Meniran memang mudah tumbuh di daerah yang beriklim tropis seperti Indonesia. Nama ilmiah meniran adalah
Phyllanthus urinaria Linn.

Meniran sudah terbukti secara ilmiah, ampuh, untuk meningkatkan daya tahan tubuh selain untuk mengobati penyakit hepatitis, gangguan saluran pernafasan, kencing manis, penyakit kuning maupun kencing manis.

Manfaat khasiat daun meniran untuk pengobatan dan kesehatan dapat di peroleh karena daun meniran sangat kaya akan berbagai kandungan kimia, antara lain: phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, nirtetrali,nirurin, nirurinetin, norsecurinine, phyllanthenol, phyllnirurin,phylltetrin, quercitrin, quercetin, ricinoleic acid, rutin, salicylic acidmethyl ester, garlic acid, ascorbic acid, hinokinin, hydroxy niranthin,isolintetralin, dan isoquercetin.

senyawa lain yang terkandung dalam Meniran adalah beta-d-xylopyranoside dan beta-sitosteroy. Senyawa lain yang baru ditemukanadalah seco-4-hidroksilintetralin, seco-isoarisiresinol trimetil eter,hidroksinirantin, dibenzilbutirolakton, nirfilin, dan neolignan.

Diterbitkan oleh Mak Ijah

Mak Ijah adalah seorang blogger kekinian. Menjadi satu-satu admin wanita di laman Oksae.com. Aktif menulis berbagai tips kesehatan, dan gaya hidup. Seorang bunda dari sejumlah anak-anak. | www.ijah.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *