Budaya

Pengertian Budaya Dan Kebudayaan

Pengertian Budaya Dan Kebudayaan Penurut Para Ahli

Pengertian Budaya dan Kebudayaan.- Budaya yang berasal dari bahasa Sanskerta yaitu “buddhayah, merupakan wujud jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal yang memiliki kaitan dengan budi, serta akal manusia.

Budaya dalam bahasa Inggris juga disebutkan dengan Culture yang berasal kata Laton Colere (mengerjakan atau mengolah). Culture dalam bahasa Indonesia di baca dengan ‘kultur”.

Sementara menurut kami budaya adalah sebuah perilaku atau cara hidup yang dilakukan oleh sejumlah orang dalam bentuk kelompok tertentu yang diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya. Kelompk yang kami maksud ini sering kita sebut suku, etnis, atau ras tentu yang mereka memiliki sebuah pola kehidupan dalam komunitas mereka. Pola kehidupan inilah yang kemudian kita sebut dengan budaya.

Misalkan kita melihat dan mendengar istilah budaya timur, karena pola kehidupan tersebut diperaktikan oleh kelompok orang yang hidup di daerah timur. Atau misalkan kita pernah mendengar istilah budaya jawa, karena diperaktikan oleh orang dari suku jawa, dll.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli.

Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski: Segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Herskovits: Kebudayaan sebagai sesuatu yang turun temurun dari satu generasi ke generasi yang lain, yang kemudian disebut sebagai superorganic.

Andreas Eppink: Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian nilai sosial,norma sosial, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual, dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.

Edward Burnett Tylor: Kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Selo Soemardjan, dan Soelaiman Soemardi: Kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Penjelasan Budaya dan Kebudayaan.

Jika kita perhatikan dalam pendefinisian dan pengertian budaya berdasarkan para ahli, bisa kita simpulkan sejumlah pengertian bahwa budaya berasal dari sebuah masyarakat atau kelompok manusia, diturunkan dari satu generasi ke generasi, dan mencakup dalam banyak bidang dan dimensi masyarakat.

Sehingga tidak salah jika kita mengartikan bahwa budaya adalah hasil dari olah cipta sebuah pola kehidupan yang terjadi di sebuah masyarakat, dan diwariskan kegenerasi selanjutnya. Budaya bukan tingkal laku individu, atau kelompok kecil dari sebuah kelompok besar. Melainkan budaya adalah sebuah perilaku yang diaminkan oleh oleh kelompok masyarakat, walau mungkin dia berawal dari individu atau kelompok kecil.

Sehingga pola kehidupan yang masih terjadi perbedaan pandangan dalam kelompok tersebut masih belum bisa dikatakan budaya, karena budaya harus tercipta berdasarkan kesepakatan atau pengakuan dari setiap orang yang berada dalam kelompok tersebut.

Budaya dan kebudayaan tidak tercipta secara instant, karena untuk menjadikan sebagai sebuah pola hidup maka sebuah budaya harus tersebar dan mendapatkan pengakuan dari hampir mayoritas yang ada dalam kelompok tersebut. Ini bisa terjadi dalam kurun waktu tertentu dan sebab dan unsur tertentu.

Unsur Dalam Budaya

Sebuah kebudayaan dan budaya akan tercipta setidaknya karena beberapa unsur penting, sebagaimana disebutkan oleh sejumlah pakar, diantaranya: Alat-alat teknologi, Sistem ekonomi, Keluarga, Kekuasaan politik. Dimana unsur tersebut biasanya terjadi dalam sebuah pola kehidupan masyarakat. Corak kehidupan politik saat itu, teknologi yang dimiliki. dan beberapa unsur kehidupan lainnya akan membentuk sebuah kebudayaan tersendiri.

Diterbitkan oleh Mak Ijah

Belajar dari fakta kehidupan bukan sekedar teori belaka. Memaknai apa yang tersirat bukan hanya tersurat. Karena hidup bukan hanya katanya. | www.ijah.my.id

Satu pemikiran pada “Pengertian Budaya Dan Kebudayaan”

  1. Ais elkirami mengatakan:

    Indonesia adalah negara yang kaya akan budayanya, harus dipertahankan dan dilestarikan. Sayangnya!!! …generasi muda kita mulai banyak mengabaikan nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *