Pengertian Dan Penjelasan Secara Singkat Memori Komputer Atau RAM

Didalam sebuah komputer itu secara umum menjadi dua bagian penting, software ( perangkat lunak ) dan hardware ( perangkat keras yang umumnya berbentuk secara fisik ). Salah satu bagian penting hardware ada Prosesor, RAM, harddisk, dan banyak lainnya. Yang akan kita bahas dalam kolom teknologi kali ini adalah tentang penjelasan singkat RAM, walau singkat namun kami yakin akan sangat berguna untuk sekedar pengetahuan kita bersama.

Memori komputer adalah istilah generik yang merujuk pada tempat penyimpanan yang sifatnya sementara. Semua yang di proses oleh prosesor akan di simpan secara sementara di dalam nya sebelum akhirnya akan di simpan ke tempat lain yang bersifat permanen, entah ke dalam hard disk, flash disk, dan media penyimpanan lainnya.

Karakteristik RAM Dan Cara Kerjanya.

Data-data yang tersimpan ke dalam memori komputer karena sifatnya sementara, maka umumnya hanya akan bertahan paling lama selama komputer di aliri aliran listrik atau komputer dalam keadaan hidup. Itulah kenapa kita harus menyimpan file-file yang kita buat ke dalam media lainnya untuk disimpan secara permanen dan bisa dibuka kembali dilain waktu.

RAM umumnya diimplementasikan secara random atau acak, itulah kenapa namanya adalah RAM atau Random Access Memory (RAM). Artinya adalah mengapa dia dinamakan RAM karena dia memiliki akses lokasi-lokasi di dalamnya secara acak tanpa berurutan (sekuensial). Tapi bukan berarti semua media penyimpanan yang bisa di akses secara acak di sebut RAM, karena hard disk pun bisa di akses secara acak tanpa berurutan, namun hard disk mampu menyimpan secara permanen. Berbeda lagi kalau misalkan kita menyebut (ROM), dia juga bisa dibaca secara acak, hanya saja dia juga bisa menyimpan walau tidak di aliri daya listrik sama seperti hard disk.

Misalkan jika kita menyimpan sebuah file ke dalam hard disk, seandainya komputer dimatikan atau hard disk kita cabut, maka file akan tetap ada didalamnya walau tidak ada daya listrik yang mengalirinya, dan ini jelas berbeda dengan RAM yang membutuhkan daya listrik. Saat daya listrik terputus maka penyimpanan akan hilang, setelah di hidupkan kembali maka RAM akan memulai kembali menyimpan file atau perintah yang baru. Itu karena RAM memang hanyalah penyimpanan sementara, berbeda dengan hard disk atau yang lainnya.

Itu hanyalah penjelasan secara umum, namun sepertinya perlu juga kita pahami. Karena memori komputer itu sendiri memiliki macam teknologi, kinerja, organisasi yang berbeda-beda dalam banyak fitur komputer. Sistem memori memiliki karakteristik sehingga dapat dibedakan jenis dan fungsinya. Secara garis besar terdapat 6 karakteristik sistem memori yaitu berdasarkan kapasitas, lokasi, unit transfer, metode akses, jenis fisik, dan kinerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *