Kesehatan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Darah Kental

Penyebab Dan Cara Mengatasi Darah Kental

Darah kental atau yang dalam istilah bahasa medis nya adalah: hiperkoagulabilitas. Kalau misalkan kita sedang terluka, kemudian ada darah yang mengental dan membeku membentuk jeli kalau kita lihat secara kasat mata. Itu wajar, sudah hal normal untuk mencegah adanya pendarahan. Mungkin itulah bagian dari rahasia ketuhanan dalam membentuk alam semesta dan penciptaan pada diri manusia.

Namun bagaimana jika pengentalan justru terjadi secara tidak normal, ini bisa terjadi pada seseorang, yang dinamakan hiperkoagulabilitas tadi. Dan ini berbahaya buat kesehatan kita. Karena itu penting memahami apa dan bagaimana system tubuh, khususnya darah yang ada dalam tubuh kita mengalir dan cara kerjanya.

Pada dasarnya pembuluh darah kita memang dirancang untuk membawa atau tepatnya mengaliri darah kita dari jantung ke seluruh anggota tubuh kita dengan membawa oksigen, dan kembali ke jantung dengan membawa karbon dioksida. Normalnya seperti itulah, selama aliran darah berjalan dengan normal maka jantung kita tidak akan ada masalah. Jantung akan memompa dengan normal, dan kesehatan kita juga akan normal.

Namun saat ada masalah dengan cara kerja dalam tubuh kita, maka disanalah permasalahan mulai terjadi. Itulah kenapa pembuluh darah yang sesak dengan lemak itu bahaya, termasuk juga darah yang mengental juga sangat bahaya. Karena yang namanya darah itu pasti akan terkait langsung dengan jantung sebagai centralnya. Jadi cara memahaminya tidaklah sulit.

Darah yang mengental bisa menyebabkan:
1. Nyeri dan pembengkakan pada daerah tertentu, khususnya daerah anggota yang sedang mengalami pengentalan darah.
2. Penggumpalan darah pada jantung bisa berakibat penyakit jantung, sesak nafas, nyeri dada, mual, pusing dan pingsan.
3. Sedangkan darah kental di paru-paru dapat menyebabkan gejala antara lain nyeri dada, batuk bercampur darah, berkeringat, sulit bernapas, demam, pusing, pingsan, dan denyut nadi cepat.

Karena pengentalan darah dan penggumpalan bisa saja terjadi dibagian mana saja, bahkan bisa terjadi pada otak. Karena itulah bahaya dan efek juga mungkin akan berbeda, dari yang paling ringan sampai yang paling berat bisa saja terjadi. Yang terpenting jangan menyepelekan pengentalan darah ini, jika ada keluhan maka ada baiknya segera memeriksakan kepada dokter atau rumah sakit setempat.

Penyebab Pengentalan darah.

Secara umum pembekuan pada darah itu terjadi saat adanya penebalan pada trombosit (komponen darah) dan protein plasma. Dan ini bisa terjadi dalam pembuluh darah, vena maupun arteri. Sebenarnya pembekuan darah atau pengentalan tujuan nya baik, menghentikan adanya pendarahan, jika pada luka ini berguna untuk mencegah pada kehilangan darah yang banyak. Coba anda perhatikan saat kulit atau bagian tubuh seseorang terluka, seperti saat terjadi kecelakaan darah yang berada di daerah yang terluka akan mengental seperti jeli bukan?

Sementara penggumbalan darah atau pengentalan darah pada pembuluh darah disebabkan karena pembuluh darah ada yang rusak. Jadi darah yang bersentuhan dengan pembuluh darah yang rusak akan menyebabkan pengentalan, dan inilah yang sering terjadi. Namun pengentalan juga bisa terjadi karena gumpalan kolesterol di pembuluh darah.

Darah akan terus mengalir, jika ada pembuluh darah yang sedikit tersumbat karena gumpalan kolesterol, maka darah juga bisa mengalami penggumpalan karena trombosit yang saling menyatu. Itulah kenapa gumpalan kolesterol juga bisa menjadi pemicu adanya penggumpalan darah.

Mencegah Penyebab Pengentalan Darah.

Lakukan pola hidup sehat, karena dengan pola hidup sehatlah kita bisa mencegah berbagai risiko kesehatan. Banyak orang berharap bisa menikmati kehidupan hingga masa tua dengan sehat wal afiyat, namun enggan menerapkan hidup sehat sejak sedini mungkin.

Cobalah kita belajar menjaga pola makan kita sebagai bagian gaya hidup sehat. Mengkonsumsi sayuran, buah-buahan, dll secara seimbang. Ada baiknya jika misalkan kita lebih sering melakukan konsultasi tentang pola makan yang sehat dan baik.

Baca: 5 Buah Yang Mampu Mengencerkan Darah Kental.

Jika memang dibutuhkan sah saja jika kita mengkonsumsi obat pengencer darah untuk mengatasi adanya penggumpalan darah. Biasanya dokter akan menyarankan pasien yang sehabis melakukan operasi dan harus rawat inap dalam beberapa hari.

Diterbitkan oleh Oksae Media

Oksae adalah laman blog bebas dimana kami mengomentari apa saja, dari soal budaya, teknologi, hiburan, dll. Bagi kami sebuah laman blog lebih sekedar konten tulisan, tapi tempat kami berkarya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *