Perbedaan TV LED dan LCD, Mana Yang Kalian Pilih?

Perbedaan TV LED dan LCD

Perbedaan TV LED dan LCD.- Perkembangan teknologi beberapa tahun ini bisa kita lihat berkembang dengan cepat, bukan hanya internet, smartphone, gadget dan laptop yang kita gunakan. Teknologi perabotan rumah tangga dan hiburan keluarga juga ikut berkembang dengan cepat, semisal: Televisi, radio, alat pemutar musik, hingga pemutar video, dll.

Perkembangan jelaslah bisa kita rasakan, karena sebagian besar alat-alat teknologi tersebut kita gunakan dalam keseharian kita. Masih ingatkan bapak-ibu dengan televisi tahun 90an kebawah, tentunya dengan TV tabung yang berwarna kebiruan karena dilapisi plastik biru. Mungkin bagi bapak-ibu itu seolah masih kemarin, dan sekarang tiba-tiba dihadapan kita sebuah televisi berwarna dengan warna yang sangat tajam, tipis dan ringan, hemat listri, bahkan ada yang segede gaban kali ya?

Di jaman sekarang TV LCD dan LED adalah dua perkembangan teknologi dalam rumah kita yang paling populer. Dibandingkan pendahulunya jelas keduanya memiliki kemajuan dan kelebihan yang bisa kita andalkan, namun tahukah sudah apa perbedaan keduanya?

Perbandingan TV LCD dan LED.

Ketebalan Layar.

Secara kasat mata, sekilas kita akan melihat antara LCD dan LED sama tipisnya. Namun jika kita lebih teliti lagi maka akan kita temukan bahwa TV LED ternyata kebanyakan lebih tipis lagi, mungkin karena yang berjenis LED adalah keluaran terebaru dengan desain kekian dan tentunya kualitasnya juga.

Daya Tahan.

Secara umum keduanya memiliki ketahan yang sama, karena keduanya memang menggunakan daya listrik yang sedikit, sehingga beberapa perangkat keras yang ada didalamnya tidak cepat panas. Tapi jangan salah, rawatlah tv LED anda, karena jika panelnya rusak tentu biaya perbaikannya akan sedikit melangit loh!!

Kualitas Warna Yang Dihasilkan.

Keduanya memiliki teknik yang sama dalam menghasilkan gambar, yaitu menggunakan teknologi backlight, sebuah teknologi dimana untuk menghasilkan gambar menggunakan penyinaran dari belakang agar bisa memvisualkan jutaan warna yang kemudian menciptakan sebuah gamra bergerak seperti yang kita lihat pada layar televisi kita.

Namun soal kualitas, yang berjenis LED akan terlihat memiliki kontras lebih tinggi dibandingkan dengan LCD. Penyinaran LEC dilakukan oleh Light Emiting Diode (LED) sedangkan LCD dilakukan oleh Cold Cathode Flourescent Lamps (CCFL). Sistem kerja keduanya kurang lebih sama yaitu untuk menyaring jutaan warna yang akan terpancar dari backlight.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Speaker Harman Kardon

Semoga bermanfaat ulasan singkat kami ini, dan bisa menjadi pelajaran buat anda. Silahkan mampir lebih sering untuk terhubung dengan kami dan mendapatkan beberapa cuitan blogger yang tergabung dalam paltform ini.

Diterbitkan oleh Udin Somplak

Udin adalah seorang blogger yang menyukai dan pemerhati seputar tekno, gadget, komputer, laptop, dan beberapa hal terkait tentang itu. Walau belum pakar, tapi memiliki semangat yang kuat dalam menulis. | www.udin.web.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *