Tanda Bahwa Kehamilan Anda Sedang Bermasalah

Tanda Bahwa Kehamilan Anda Sedang Bermasalah

Mengandung, melahirkan, dan memiliki keturunan menjadi dambaan kalangan wanita di dunia dan para orang tua. Sebuah keluarga belum akan lengkap sebelum hadirnya si buah hati sebagai pelengkap kehidupan sepasang kekasih.

Walau mungkin kita sudah berusaha Menjaga Janin yang sedang di kandung dengan sebaik mungkin, namun terkadang ada saja yang membuat keberadaan janin tersebut mengalami masalah. Karena itu ada baiknya jika kita selalu siap siaga menjaga calon buah hati tersebut. Segerala lalukan tindakan yang tepat jika ada masalah dengan janin yang kita kandung.

Namun sebelum itu ada baiknya kita ketahui dahulu tanda-tanda jika janin yang ada dalam kandungan kita mengalami masalah. Berikut adalah sejumlah tanda bahwa kehamilan anda bermasalah. Segera lakukan tindakan tepat dengan melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.

Tanda Bahwa Kehamilan Anda Sedang Bermasalah:
1. Gerakan janin dan detak jantungnya melemah.
2. Keluar bercak darah yang tidak normal.
3. Perut mengalami kejang dan sakit.
4. Sakit atau perih seperti terbakar pada saluran kemih.

Jika anda merasakan sejumlah gejala atau salahnya ada baiknya segera melakukan pemeriksaan kandungan anda kepada dokter kandungan di sekitar anda.

Gerakan dan Jantung Janin Melemah.

Memantau bayi yang sedang berada di dalam kandungan rahim anda menjadi hal penting. Sebagai orang tua yang mengandung tentu anda sering merasakan bahwa bayi anda sedang melakukan pergerakan. Khususnya untuk umur kandungan yang sudah lumayan.

Ada sensasi tersendiri saat dinding perut anda di tendang-tendang bayi yang ada di dalam rahim. Itu hal normal, menunjukan bahwa janin yang ada didalamnya sedang sehat.

Justru jika anda tidak merasakan nya, anda harus segera melakukan cek pemeriksaan. Dokter atau bidan biasanya akan melakukan pengecekan terhadap detak jantung bayi yang anda kandung untuk memastikan bahwa kandungan anda baik-baik saja.

Untuk bisa melihat dan memantau gerakan seperti ini mungkin anda perlu menunggu beberapa bulan sampai anda mulai merasakan gerakan janin dengan baik. Karena pada usia kehamilan yang muda tanda kehamilan berupa gerakan janin akan sulit dideteksi.

Keluar Bercak Darah Saat Hamil.

Pada umumnya wanita yang sedang hamil akan di tandai keluarnya bercak darah atau dikenal sebagai perdarahan implantasi. Perhatikan aliran darahnya: bercak darah ciri hamil hanya berupa bercak darah ringan dan lebih sedikit, berupa tetesan, dan akan tetap seperti itu sampai perdarahan usai. Perdarahan implantasi akan tiba lebih awal daripada perkiraan awal siklus menstruasi baru Anda (biasanya 5-10 hari setelah pembuahan).

Namun jika pendarah keluar dengan tidak normal, maka ada baiknya segerala melakukan pengecekan terhadap kandungan anda.

Ibu hamil dianjurkan untuk segera menemui dokter atau segera ke UGD jika perdarahan disertai dengan rasa pusing hingga pingsan, juga jika perdarahan disertai rasa kedinginan, atau sebaliknya, demam dengan suhu melebihi 38 derajat Celcius.

Perut Mengalami Kejang dan Sakit.

Bagi wanita mungkin sudah biasa mengalami kejang perut atau sakit sebagai bagian siklus bulanan. Namun di saat anda sedang hamil jika mengalami kejang di bagian atau terasa sangat kasit maka segerala lakukan pemeriksaan. Jangan sampai itu akan menimbulkan masalah dengan janin anda.

Sakit Pada Saluran Kemih.

Kondisi lain yang penting mendapatkan perhatian medis selama hamil adalah ketika timbulnya perasaan perih seperti terbakar pada bagian saluran kemih. Bila anda mengalami kondisi ini sebaiknya periksakan segera ke dokter karena bisa jadi kondisi ini adalah tanda adanya infeksi saluran kemih.

Infeksi Saluran Kemih umum terjadi selama masa kehamilan, hal ini terjadi karena hormon kehamilan menimbulkan perubahan pada saluran kencing dan membuat Anda lebih rentan untuk terkena infeksi. Jika tidak segera diatasi, infeksi ini dapat menimbulkan infeksi pada ginjal dan menyebabkan bayi lahir sebelum waktunya, baik imatur maupun prematur.

Menjaga Janin Dengan Pola Makan Sehat dan Istirahat yang Cukup

Penting bagi bumil menjaga kandungan nya dengan mengkonsumsi makanan sehat dan beristirahat yang cukup. Saat seorang wanita hamil, maka asupan gizi yang masuk juga akan mempengaruhi kondisi anak yang sedang di kandungnya.

Karena itu menjaga pola makan, dan menambah kebutuhan asupan gizi yang dibutuhkan akan sangat dianjurkan. Seperti mengkonsumsi buah-buahan, seperti buah naga, dll. Manfaat Buah Naga Buat Ibu Hamil itu sangat baik, khususnya buat kehamilan pada trimester pertama.

Buah naga mengandung beragam nutrisi, antara lain vitamin C, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), karbohidrat, protein, antioksidan, serat, serta zat besi.

Vitamin C adalah salah satu yang dibutuhkan oleh ibu hamil selain dibutuhkan untuk menjaga janin agar tetap sehat, vitamin C juga dibutuhkan untuk membentuk kolagen, tulang, otot, kulit, dan pembuluh darah dede bayinya. Namun tetap harus bijak, karena kelebihan dalam mengkonsumsi vitamin C bisa meningkatkan risiko dengan kelahiran prematur.

Selain itu buah naga juga mengandung antioksidan, beberapa jenis antioksidan yaitu, betalain, hydroxycinnamates, dan flavonoid. Mengonsumsi antioksidan saat hamil bermanfaat untuk menjaga tubuh dari radikal bebas, mengendalikan kadar kolesterol, menguatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dan membantu perkembangan otak janin.

Diterbitkan oleh Mak Ijah

Mak Ijah adalah seorang blogger kekinian. Menjadi satu-satu admin wanita di laman Oksae.com. Aktif menulis berbagai tips kesehatan, dan gaya hidup. Seorang bunda dari sejumlah anak-anak. | www.ijah.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *