Bahaya Root Pada Perangkat Android

Bahaya Root Pada Perangkat Android

Bahaya Root Pada Perangkat Android.- Android sekarang ini menjadi salah satu operasi system yang sangat populer, khususnya system operasi perangkat pintar seperti smartphone, tablet, dan banyak lainnya. Jika untuk OS komputer kita paling sering mendengar Windows yang menjadi rajanya, maka untuk perangkat pintar sekelas smartphone akan ada OS Android.

Makanya sangat wajar jika hampir rata-rata generasi muda sekarang sudah mengenal dan menggunakan perangkat dengan system operasi Android ini.

Bahkan buhan hanya sebagai pengguna, malahan banyak sekali anak muda yang pandai mengotak-atik operasi system ini. Mereka bahkan ada yang sampai meodifikasi system operasi smartphone mereka untuk banyak kepentingan.

Baca juga: Cara Melakukan Screenshot Pada Smartphone Samsung Semua Tipe

Bahaya Melakukan Root Pada Android.

Bahaya Root Pada Perangkat Android

Tapi tahukah kami selain ada manfaat dengan melakukan root pada system android sebagai langkah memodifikasi android, jika kurang hati-hati bahkan ternyata ini memiliki bahaya. Untuk kamu yang sedikit pengetahuan dengan dunia teknologi akan sangat tidak dianjurkan. Berikut adalah sejumlah bahaya melakukan root pada android:

1. Kehilangan Garansi Resmi.

Jika perangkat pintar anda tergolong baru dan masih dalam masa garansi, maka jangan lakukan modifikasi dengan melakukan root pada android mu. Karena itu akan menyebabkan kamu kehilangan garansi resmi produk perangkat pintar anda. Jika dalam masa garansi ada sesuatu masalah atau kerusakan maka anda tidak akan bisa melakukan claim gransi resminya.

2. Bahaya Gagal Sejak Awal.

Melakukan root pada perangkat android memang memiliki risiko, dan mungkin sejak awal anda harus tahu itu. Jika anda gagal melakukan proses maka itu akan berpotensi mengalami kerusakan, bahkan seandainya perangkat android anda adalah perangkat baru.

Perangkat android pintar anda bisa saja terjadi gagal booting. Jika gagal dalam proses tersebut, maka ponsel bisa error bahkan corrupt, dan lain sebagainya. Kebanyakan servis resmi tidak menerima apabila ponsel yang rusak karena root dengan alasan garansi yang hilang. Belum lagi di beberapa ponsel tidak dapat melakukan proses unroot. Perhatikan dengan seksama dan pertimbangkan baik-baik sebelum anda melakukan root.

3. Bahaya Tidak Bisa Melakukan Update.

Dengan melakukan root pada perangkat android mungkin membuat anda bisa menghapus aplikasi bawaan, merubah tampilan, hingga melakukan install aplikasi tertentu.

Namun terkadang ada masalah saat melakukan update aplikasi atau OS android anda. Itu karena anda sudah menghapus aplikasi atau software bawaan. Itu artinya untuk memperbaharui sebuah aplikasi tidak bisa dilakukan dengan cara mengupdate secara biasa, melainkan dengan menginstall ulang versi terbaru secara manual.

4. Berbahaya Bagi System Keamanan Perangkat Anda.

Saat anda melakukan root pada perangkat android anda, itu artinya anda sudah membuka celah keamanan yang menjadi kelebihan android. Hacker dan mungkin virus akan lebih mudah masuk dan menyerang perangkat android anda. Karena itu pertimbangkan baik-baik sebelum anda melakukan nya.

Selain mengundang hacker, tamu tidak diundang lainnya juga akan berdatangan. Sebut saja seperti worm, virus, spyware dan trojan yang dapat menginfeksi perangkat lunak Android root. Tidak seperti pada PC atau laptop, virus pada Android muncul secara diam-diam dan efeknya bisa terjadi dalam jangka panjang.

5. Bahaya Buat Memori Android Anda.

Apa yang akan terjadi dengan ketahan RAM perangkat android anda. Jika anda berpikir itu baik, justru salah. RAM anda akan sangat mungkin akan bermasalah. Mungkin anda berpikir bahwa dengan melakukan root anda bisa mengcustom RAM perangkat anda. Tapi sebenarnya itu juga memungkin akan meninggalkan masalah jika anda salah dalam mengcustom memori perangkat anda.

Baca juga: Beberapa Penyebab Daya Baterai HP Cepat Habis, Terakhir Banyak Di Abaikan

Misalkan dampak over kapasitas pada RAM yang membuat kemampuan memprosesnya yang lambat laun akan melemah dan berakhir dengan kerusakan. Itulah tadi 5 kemungkinan bahaya saat anda melakukan root pada android milik anda, apakah masih mau melakukan nya?

Spesifikasi Samsung S10 Recommended Serta Cara Men... Tentunya kita sangat mengenal dan mengetahui bahwa handphone saat masa ini keberadaanya sangat dibutuhkan dan diharapkan karena berkatnya lah kita da...
Spesifikasi Dan Harga Samsung A6 (2018) Terbaru Spesifikasi Dan Harga Samsung A6 (2018) Terbaru | Mungkin sudah banyak yang tahu jika vendor smartphone asal korea selatan atau yang mungkin dikenal n...
Aplikasi Edit Foto Gratis Terbaik untuk Gadget And... Aplikasi Edit Foto Gratis Terbaik | Aplikasi edit foto menjadi aplikasi yang paling populer bagi kalangan pengguna smartphone dari berbagai merek. Sem...

Diterbitkan oleh Oksae Media

Oksae adalah laman blog bebas dimana kami mengomentari apa saja, dari soal budaya, teknologi, hiburan, dll. Bagi kami sebuah laman blog lebih sekedar konten tulisan, tapi tempat kami berkarya.