Budaya

Mengenal 7 Unsur Kebudayaan Universal

Unsur Kebudayaan

Jika sebelumnya kita membahas tentang pengertian budaya dan kebudayaan, tahu kah sudah bahwa kebudayaan sebenarnya tidak akan terlepas dari sejumlah unsur-unsur yang ada atau tepatnya yang menjadi bagian kebudayaan. Apa saja itu?

Bahasa.

Kita mengenal bahasa sebagai sebuah alat komunikasi antar sesama. Bahasa yang kita cari pendefinisian nya adalah: Bahasa (dari bahasa Sanskerta भाषा, bhāṣā) adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan. Kajian ilmiah bahasa disebut ilmu linguistik. (Wikipedia)

Dalam kehidupan yang kita ketahui bahasa terbagi dua secara umum, bahasa lisan dan tulisan. Walau masih ada istilah yang disandarkan ke dalam bahasa, semisal: bahasa isyarat, bahasa tubuh, dll.

Bahasa menjadi salah satu dari 7 unsur kebudayaan, seabagaimana yang sering kita pelajari. Bahasa adalah sebuah hasil dari peradaan yang dibentuk oleh manusia, dengan sejalannya waktu dan terciptanya sebuah hubungan sosial antara manusia, bahasa memiliki peran yang sangat kuat dalam membentuk sebuah kebudayaan.

Hubungan antara sesame bisa terjalin dengan baik jika bahasa yang digunakan juga berkembang dengan baik. Sosialisasi antara manusia tercipta dari hubungan secara langsung atau tidak, dan bahasa memiliki peran penting pada bagian tersebut.

Sosialisasi adalah aspek awal persentuhan manusia dengan manusia lainnya. Di sinilah peran awal bahasa dalam interaksi manusia untuk dapat saling menyampaikan maksud. Baik dalam bentuk lisan, maupun tulisan, karenanya manusia tidak akan bisa lepas dari bahasa. Selain itu bahasa bersifat lebih kompleks, tidak hanya mencakup interaksi antar personal. Di sinilah konsensus diperlukan untuk membentuk sebuah bahasa.

Sistem Pengetahuan

Pengetahuan pada dasarnya di miliki oleh semua suku, ras, dan kelompok di dunia. Pengetahuan tersebut bisa bersembur dari pengalaman, intuisi, wahyu, logika, atau kegiatan-kegiatan yang bersifat coba-coba ( trial and error ).

Secara sederhana, pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui manusia tentang benda, sifat, keadaan, dan harapan-harapan. Manusia sebagai makhluk sosial memang memiliki kemampuan untuk memproses sebuah informasi yang kemudian itu menjadi pengetahuan, informasi yang didapatkan berdasarkan pengalaman bisa pengetahuan karena pengalaman, dll.

Pengetahuan memiliki kaitan kuat dengan budaya, dengan pengetahuan manusia terus berkembang dalam kehidupan sosial mereka. Dengan pengetahuan yang di dapatkan berdasarkan pengalaman atau sumber lainnya manusia akan menyesuaikan dengan kebutuhan hidup mereka.

Misalkan bagi satu suku mereka memiliki pengetahuan kapan musim berganti, kapan penghujan tiba, dan pengetahuan lainnya. Dengan itu mereka bisa menentukan kapan bertani, kapan berlayar ke tengah laut mencari ikan, dll.

Pola kehidupan yang berdasarkan pengetahuan yang mereka miliki inilah yang kemudian membentuk kebudayaan bagi mereka. Semakin berkembang pengetahuan mereka maka biasanya kebudayaan mereka pun ikut semakin berkembang juga.

Sistem Kemasyarakatan.

Sistem kemasyarakatan adalah sistem dari keseluruhan komponen fundamental sebagai dasar pergerakan yang dinamis dari determinan struktur sosial/masyarakat. Sistem kemasyarakatan terbentuk dari interaksi sosial yang terjadi antara berbagai individu.

Koentjaraningrat menyebutkan beberapa unsur kebudayaan, salah satunya adalah Sistem kemasyarakatan.

Kebudayan menurut Koentjaraningrat merupakan keseluruhan sistem gagasan, tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia dengan belajar.

Koentjaraningrat berpendapat bahwa kebudayaan memiliki unsur universal, karena bisa kita temukan pada kebudayaan-kebudayaan masyarakat dunia secara umum. Termasuk sistem kemasyarakatan juga bisa kita temukan pada kelompok masyarakat yang memang memiliki budaya.

Unsur Kebudayaan Lainnya

Banyak para ahili menyebutkan sejumlah unsur-unsur kebudayaan seperti: Sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem mata pencaharian hidup, sistem religi, dan kesenian.

Misalkan pendapatnya Koentjaraningrat yang mengatakan bahwa 7 unsur kebudayaan adalah:

Bahasa
Sistem pengetahuan
Sistem kemasyarakatan atau organisasi sosial
Sistem peralatan hidup dan teknologi
Sistem mata pencaharian hidup
Sistem religi
Dan Kesenian

Budaya merupakan suatu pola menyeluruh, yang bersifat kompleks, abstrak dan luas. Banyak aspek budaya turut menentukan perilaku komunikatif. Unsur-unsur sosial-budaya ini tersebar dan meliputi banyak kegiatan sosial manusia.

Diterbitkan oleh Mak Ijah

Belajar dari fakta kehidupan bukan sekedar teori belaka. Memaknai apa yang tersirat bukan hanya tersurat. Karena hidup bukan hanya katanya. | www.ijah.my.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *